Mitos & Fakta Setelah Berolahraga

Olahraga adalah salah satu kegiatan yang menyehatkan tubuh manusia. Berolahraga di pagi hari maupun malam hari, keduanya sama-sama baik untuk kesehatan tubuh. Sayangnya, masih ada mitos yang menganjurkan anda melakukan banyak hal setelah selesai olahraga. Misalnya saja, setelah lari tidak boleh langsung menekuka kaki karena dapat menyebabkan varises. Lalu, setelah berolahraga boleh makan sebanyak-banyaknya karena lemak sudah terbuang. Mitos setelah olahraga tersebut umumnya banyak dipercaya masyarakat, padahal belum tentu benar. Alhasil,banyak orang tidak merasakan manfaat berolahraga maksimal karena mitos tersebut. Untuk mengetahui mana fakta dan mitos setelah olahraga yang harus dipercaya, simak pembahasannya berikut ini.

Mitos dan Fakta Setelah Berolahraga


1. Meluruskan Kaki Setelah Olahraga Untuk Mencegah Varises
Faktanya, setelah olahraga anda memang diwajibkan untuk meluruskan kaki, namun bukan untuk mecegah varises. Kegiatan meluruskan kaki ini justru untuk membuat otot-otot yang ada pada kaki anda relaks, tidak terasa kram, pegal, ataupun kaku.

2. Tidak Boleh Langsung Duduk Setelah Berolahraga
Tidak boleh langsung duduk setelah olahraga sebenarnya fakta yang tepat. Pasalnya ketika langsung duduk, otot-otot yang sudah dipakai untuk olahraga menjadi kaku dan menyebabkan kram.

3. Jangan Minum Banyak Air Putih Setelah Olahraga
Jika ada mitis mengatakan tidak boleh minum air putih berlebihan setelah olahraga, maka ini benar andanya. Minum air putih berlebihan setelah berolahraga menyebabkan hiponatermia. Kondisi ini terjadi karen atubuh memiliki kadar natrium yang rendah ( dari batas normal). Alhasil, bisa memicu sakit kepala, mual, dan muntah.

4. Kulit Gatal Pertanda Lemak Anda Terbakar
Kulit terasa gatal setelah berlari atau berolahraga lainnya memang umum dialami banyak orang. Namun, bukan menjadi tanda lemak anda sudah terbakar. Gatal terjadi karena keringat atau kondisi kulit setelah berolahraga sedang kering. Tak hanya itu, efek pelepasan histamine juga bisa menimbulkan rasa gatal setelah olahraga.

5. Bebas Makan Apapun Setelah Olahraga
Apabila tujuan anda berolahraga adalah untuk diet atau hidup sehat, maka pola makan sebelum dan sesudah olahraga juga wajib untuk dilakukan. Anda tidak bisa sembarangan memilih menu makanan yang akan disantap setelah olahraga. Ini karena akan mempengaruhi pola hidup sehat yang dijalani. Selain itu, makan apapun tanpa memperhatikan gizinya setelah olahraga dapat membuat tubuh terasa mual, begah, dan sulit bernapas jika kekenyangan.

6. Semakin Banyak Keringat, Semakin Banyak Kalori Yang Terbakar
Faktanya setiap orang memiliki jumlah kadar keringat yang berbeda-beda. Ada yang bisa dengan mudah berkeringat, ada juga yang tidak. Lagi pula, keringat hanya sebuah bentuk reaksi tubuh ketika anda melakukan aktivitas yang cukup berat.

Nah, itu dia tadi beberapa mitos dan fakta mengenai hal-hal yang dilakukan setelah berolahraga. Semoga ulasan tadi bisa memberikan manfaat dan dapat menambah pengetahuan kita tentang olahraga.